Kesehatan

Kebiasaan Mengganti Pembalut Yang Tak Baik Untuk Kesehatan


Pembalut adalah benda yang berbentuk bantalan kapas yang empuk, yang kegunaannya untuk menampung darah haid atau menyerap cairan yang keluar dari vagina wanita ketika ia sedang haid. Pembalut juga biasanya digunakan oleh wanita, yang mengalami nifas setelah melahirkan. Sebagai wanita anda tentu harus mengetahui bagaimana cara memakai pembalut, yang benar.

Bukan hanya cara memakainya saja yang harus tepat, tetapi anda juga harus tahu bagaimana cara mengganti pembalut agar tidak membahayakan kesehatan. Karena bila pembalut dipakai terlalu lama, bisa membuat vagina atau area di sekitar vagina menjadi lembab bahkan timbul iritasi. Pembalut harus selalu diganti setiap 4 jam sekali, apalagi bila darah yang keluar berjumlah banyak.

Kebiasaan Dalam Mengganti Pembalut Yang Salah

Berikut ini ada beberapa kebiasaan yang salah dalam mengganti pembalut, yang pada akhirnya dapat merusak kesehatan anda. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Menggunakan pembalut yang sudah terlalu lama disimpan di dalam tas
Kebanyakan wanita akan membawa pembalut di dalam tas, dengan tujuan untuk berjaga-jaga atau persiapan bila tiba-tiba muncul haid. Tahukah anda bahwa pembalut yang disimpan terlalu lama, bisa berbahaya. Karena pembalut yang disimpan terlalu lama, dapat menyerap kotoran dan debu di sekitarnya. Yang kemudian dapat menempel pada pembalut tersebut.

2. Tidak mengganti pembalut selama berjam-jam
Untuk menstruasi yang sedang deras-derasnya, sebaiknya anda mengganti pembalut tersebut setiap 3-
4 jam sekali. Karena pembalut yang dibiarkan terlalu lama, dapat menyebabkan vagina menjadi lembab yang dapat menyebabkan bakteri dan jamur tumbuh di sana. Lalu vagina akan terasa gatal atau bahkan iritasi.

3. Tidak membersihkan vagina setelah mengganti pembalut
Biasanya wanita yang sedang haid, malas membersihkan area vagian saat mengganti pembalut. Namun hal itu adalah hal yang salah. Vagina harus selalu dibersihkan ketika anda mengganti pembalut tersebut. sehingga bilaslah vagina dengan air yang bersih, saat anda mengganti pembalut.

Dengan demikian selain nyeri haid berlebih yang biasa dialami wanita ketika sedang haid, cara mengganti atau menggunakan pembalut yang salah juga bisa membahayakan kesehatan.

About Admin

0 comments:

Post a comment

Powered by Blogger.