Family

Penyebab Ruam Popok pada Bayi


Pernahkah bayi Anda mengalami ruam di sekitar area selangkangan? Mayoritas bayi yang memakai pokok mengalaminya. Ruam ini disebut juga ruam popok. Ruam popok adalah iritasi pada kulit bayi pada area yang tertutup popok atau biasanya area selangkangan. Anda bisa mengeali ruam popok pada bayi dan Penyebabnya bisa berasal dari banyak faktor, tetapi penyebab utama yang sering terjadi biasanya adalah karena penggunaan popok yang terlalu lama. Pemakain popok yang terlalu lama inilah yang dapat menyebabkan kulit bayi mengalami infeksi dan muncullah ruam. Popok yang terlalu ketat juga dapat menyebabkan ruam popok. Gesekan yang terjadi pada popok dan kulit bayi bisa menjadi pemicunya. Bahan dari popok bayi juga bisa menjadi penyebab. Seringkali popok yang tidak pas ukuran dan kurang lembut rentan menyebabkan ruam popok.

Gejala ruam popok biasanya ditandai dengan bercak merah, kulit kering, serta lecet pada bagian selangkangan bayi. Sebenarnya ruam popok adalah masalah yang umum dialami oleh bayi. Kulit bayi cenderung lebih sensitif daripada kulit orang dewasa. Ruam bayi dapat membuat bayi merasa kesakitan apalagi bagian yang terkena ruam tersentuh. Bayi akan menjadi tidak nyaman dan rewel.

Gejala yang lebih spesifik saat bayi mengalami ruam popok antara lain, adanya bintik-bintik merah muda yang samar dan menonjol pada bagian kulit yang memakai popok, kulit kasar atau kering dan mengelupas, bayi mudah rewel karena sakit di area selangkangannya saat buang air kecil maupun besar. Popok bayi haruslah sering diganti agar bayi tidak mengalami ruam popok. Sebaiknya popok diganti setiap 2-3 jam sekali. Hal tersebut berlaku saat bayi menggunakan popok sekali pakai ataupun popok kain. Jika menggunakan popok kain, popok haruslah dicuci dengan detergen khusus untuk bayi agar kain tetap lembut dan tidak menimbulkan reaksi alergi pada bayi.

Untuk mengobati ruam, dapat dilakukan dengan memberikan produkanti iritasi untuk bayi. Salah satu produknya adalah kunteom head-to-toe nourishing wash. Kuntoem head-to-toe nourishing wash adalah produk bayi yang bisa digunakan untuk sabun dan shampoo. Mengandung ekstrak tumbuhan alami dan minyak tumbuhan yang membuat kulit tidak kering. Kulit bayi akan menjadi lembut dan tidak lembab jika menggunakan kunteom head-to-toe nourishing wash saat mandi. Produk ini juga tidak pedih saat mengenai mata bayi sehingga aman digunakan.

Selain dengan penggunaan produk kuntoem head-to-toe nourishing wash, dapat dilakukan upaya untuk menjaga kelembaban dan kebersihan kulit bayi. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan pembiasaan sehari-hari antara lain, cuci tanhan sebelum membersihkan popok agar semua higienis saat digunakan bayi, mengganti popok bayi yang sudah terisi buang air besar maupun kecil bayi, keringkan area yang tertutup popok, tidak menggosok kulit yang lecet, memilih popok yang ukurannya agak lebih besar agar tidak terasa ketat pada bayi. Untuk tambahan juga bisa memberikan Kuntoem Comforting Cotton Lotion anti iritasi untuk kulit bayi, yaitu produk kuntoem lainnya.

Ruam pada bayi biasanya terjadi hanya dalam beberapa hari. Ruam bayi akan sembuh dalam 2 hari. Jika dalam 2 hari belum sembuh juga, perlu penanganan lebih lanjut dengan membawa si bayi ke dokter untuk memperoleh penanganan terbaik. Kebersihan bayi adalah faktor utama agar terhindar dari ruam popok. Higienitas sangat perlu diperhatikan saat merawat bayi agar bayi tidak mudah sakit karena bayi pada umumnya rentan dan memiliki kulit yang sensitif.

About Admin

0 comments:

Post a comment

Powered by Blogger.