Bisnis

Hati-hati! Ini 3 Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan oleh Investor


Ketika berinvestasi, maka akan selalu ada kemungkinan mengambil cara yang keliru. Tidak hanya pemula, namun investor yang sudah berpengalaman pun bisa saja secara tidak sadar melakukan kesalahan. Nah, apa saja kesalahan umum yang sering dilakukan oleh investor? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Memilih aset yang cukup berisiko
Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh investor yaitu menempatkan dana yang terlalu besar di instrumen yang cukup beresiko tinggi. Misalnya surat utang dengan jangka panjang yang memiliki bunga tinggi. Jika dilihat bahwa surat utang hanyalah remah-remah kerupuk yang tidak perlu dipungut. Namun sayangnya ada banyak sekali investor yang terjebak serta melihat surat utang bisa memberikan imbal hasil terbaik. Tetapi melupakan jika surat utang tersebut mengandung risiko yang tinggi.

Tertarik Investasi Surat Berharga Negara? Cek https://sbn.most.co.id/Portal/Prime

2. Menghindari investasi pada pasar modal
Pasar modal sendiri selalu menggaet hati para investor karena sudah terbukti dapat memberikan imbal hasil terbaik. Namun beberapa studi menemukan jika investor saat ini merasa takut untuk berinvestasi modalnya di pasar modal. Hal ini disebabkan karena krisis yang terjadi, sehingga berakibat anjloknya bursa saham. 

Seharusnya investor tidak perlu merasa takut. Karena risiko sendiri telah menjadi bagian investasi. Bahkan terkadang banyak dari para investor yang hanya melihat sesuatu yang terpampang pada indeks saja. Dengan begitu mereka lebih suka untuk memegang uang tunai. Dapat dikatakan bahwa seiring waktu uang tunai dapat mengalami penurunan nilai yang disebabkan adanya inflasi.

3. Hanya berorientasi jangka pendek 
Meskipun selama bertahun-tahun sudah berkecimpung ke dalam dunia investasi, ada saja sebagian investor yang kurang memahami esensi investasi itu sendiri. Ada sebagian investor yang terkadang hanya melihat atau memperhatikan kejadian-kejadian dari tahun lalu, bahkan minggu lalu. Perlu diketahui bahwa salah satu landasan dari investasi yaitu jangka panjang agar dapat memperoleh imbalan hasil yang cukup tinggi. Supaya tetap percaya diri, maka investor harus berkaca melalui Warren Buffet. Para investor harus belajar dari mental Warren Buffet yang sangat mengandalkan investasi untuk jangka panjang, dan menghindari investasi harian. 


About Admin

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.